Sirquit – Bagaimana cara memilih mobil SUV terbaik di era saat ini? Mobil SUV telah menjadi salah satu segmen yang paling populer dan populer dalam industri otomotif.

Dikenal dengan keunggulan yang menonjol dan daya tariknya yang luas, mobil SUV telah merevolusi cara orang mengendarai dan memenuhi kebutuhan transportasi mereka.

Keunggulan yang mobil SUV miliki membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi berbagai kalangan. Mulai dari keluarga yang mencari kendaraan yang nyaman dan luas, hingga para petualang yang ingin mengeksplorasi medan yang beragam. Tidak heran jika popularitas mobil SUV terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai keunggulan-keunggulan mobil SUV yang membuatnya begitu populer.

Apa itu Mobil SUV?

Mobil SUV, singkatan dari Sport Utility Vehicle. Mobil ini adalah jenis kendaraan yang menggabungkan karakteristik kendaraan penumpang dengan kemampuan off-road.

Pada umumnya mobil SUV  memiliki bodi yang lebih tinggi, struktur yang kokoh, dan sistem penggerak roda yang kuat.

Salah satu ciri khas mobil SUV adalah desainnya yang lebih besar dan lebih tinggi daripada mobil sedan. Beberapa mobil SUV bahkan memiliki bar atap atau rak bagasi tambahan untuk membawa barang bawaan yang lebih banyak saat melakukan perjalanan.

Agar lebih memahaminya, berikut adalah penjelasan tentang karakteristik dan sejarah mobil SUV, mari simak.

Definisi dan Karakteristik

Sebelum menentukan membeli mobil SUV yang cocok dengan preferensi Anda, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu mengenai karakteristik mobil petualang ini.

1. Ukuran dan Desain

Mobil SUV umumnya memiliki bodi yang lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan dengan mobil sedan atau hatchback.

Mereka sering kali memiliki desain yang tangguh dan kokoh, dengan garis-garis yang menonjol.

Tingginya posisi duduk pada mobil SUV memberikan pandangan yang lebih baik dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

2. Kemampuan Off-road

Salah satu karakteristik utama mobil SUV adalah kemampuannya untuk menghadapi berbagai kondisi jalan dan medan off-road.

Terdapat juga sistem penggerak roda yang kuat pada mobil ini, seperti penggerak roda depan (FWD) atau penggerak roda empat (4WD), yang dapat aktif secara selektif.

Jadi, hal ini memungkinkan mobil SUV untuk melewati medan berbatu, jalur berliku, dan menghadapi cuaca buruk dengan lebih baik.

3. Ruang Kabin yang Luas

Mobil SUV menawarkan ruang kabin yang luas untuk penumpang dan barang bawaan.

Desain bodi yang lebih tinggi dan ukuran yang lebih besar memungkinkan adanya ruang kaki yang memadai dan kenyamanan bagi penumpang di baris depan dan belakang.

Selain itu, mobil SUV juga memiliki kapasitas kargo yang lebih besar dibandingkan dengan jenis mobil lainnya, memungkinkan penumpang untuk membawa barang bawaan yang lebih banyak.

4. Fleksibilitas dan Modularitas

Mobil SUV sering kali dirancang dengan kursi belakang yang dapat dilipat atau disesuaikan untuk memberikan fleksibilitas dalam pengaturan kabin.

Jadi, ini memungkinkan penumpang untuk meningkatkan ruang kargo saat mereka perlukan, seperti saat membawa barang besar atau saat melakukan perjalanan jarak jauh dengan keluarga.

5. Mobil Sang Petualang

Mobil SUV sering kali dihubungkan dengan gaya hidup aktif dan petualangan.

Mereka menjadi pilihan populer bagi mereka yang suka menjelajahi alam bebas, melakukan kegiatan rekreasi luar ruangan, atau memiliki kebutuhan transportasi yang serbaguna untuk kegiatan sehari-hari.

Sejarah Singkat Mobil SUV

Sejarah mobil SUV dimulai pada awal abad ke-20, ketika truk dilengkapi dengan bodi yang lebih nyaman dan dilengkapi dengan kemampuan off-road.

Pada tahun 1935, Chevrolet Suburban menjadi salah satu mobil pertama yang dikenal sebagai “Sport Utility Vehicle” dengan desain yang menggabungkan kabin penumpang dengan ruang kargo yang luas.

Namun, popularitas mobil SUV yang sebenarnya baru meningkat pada tahun 1990-an. Pada saat itu, produsen mobil seperti Ford, Chevrolet, dan Jeep meluncurkan model-model SUV yang lebih modern dan lebih efisien.

Selama beberapa dekade berikutnya, mobil SUV terus berkembang dan menjadi segmen yang paling populer di pasar otomotif. Perkembangan teknologi, seperti penggerak roda 4WD dan sistem kontrol traksi, semakin meningkatkan kemampuan off-road mobil SUV.

Seiring waktu, mobil SUV juga mengalami evolusi dari segi ukuran dan kelas. Ada SUV kecil yang cocok untuk penggunaan perkotaan, SUV sedang yang menawarkan keseimbangan antara ukuran dan kenyamanan. Pada akhir-akhir ini, tren mobil SUV semakin berkembang dengan adanya varian kendaraan listrik (EV) dan hibrida.

Artikel Terkait: Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman Agar Terhindar dari Penipuan

Rekomendasi Mobil SUV Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

Rekomendasi Mobil SUV Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

Sumber: canva.com

Di Indonesia saat ini, mobil SUV juga populer dan menjadi pilihan konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga liburan.

Terdapat 10 mobil SUV terbaik di Indonesia saat ini yang bisa jadi referensi Anda.

Berikut adalah daftar 10 rekomendasi mobil SUV terbaik di Indonesia beserta penjelasannya: Toyota Fortuner:

1. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner merupakan salah satu mobil SUV terlaris di Indonesia. Dilengkapi dengan mesin bertenaga, kabin yang luas, dan fitur-fitur keamanan yang lengkap. Mobil ini dilengkapi dengan sistem penggerak roda belakang (2WD) atau 4WD yang handal untuk kemampuan off-road yang baik.

Fortuner juga menawarkan ruang kabin yang luas dan nyaman untuk hingga tujuh penumpang, dengan fleksibilitas penyimpanan barang bawaan yang baik. Mobil ini juga menawarkan performa yang baik dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang bertenaga.

Transmisi otomatis yang responsif dan suspensi yang nyaman memberikan pengalaman berkendara yang baik. Mobil ini juga memiliki kemampuan off-road yang handal dengan fitur-fitur seperti Hill Start Assist dan Downhill Assist Control.

Toyota Fortuner dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan lengkap seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Vehicle Stability Control (VSC).
  • Hill start Assist (HSA).
  • Downhill Assist Control (DAC).
  • Airbag.

Fitur-fitur ini memberikan perlindungan maksimal untuk pengemudi dan penumpang.

Selain itu, Fortuner juga memiliki sistem hiburan dan konektivitas modern dengan layar sentuh, konektivitas Bluetooth, dan fitur-fitur navigasi.

2. Honda CR-V

Honda CR-V merupakan SUV populer dengan gaya desain yang elegan, performa yang halus, dan kenyamanan tinggi. Dilengkapi dengan teknologi canggih dan fitur-fitur keselamatan. Honda CR-V menawarkan desain yang elegan dan modern dengan tampilan yang mengesankan.

Mobil ini memiliki ruang kabin yang luas dan nyaman dengan kualitas material yang baik. Fitur-fitur lainnya termasuk kursi yang dapat kalian atur secara fleksibel, sistem audio canggih, dan konektivitas yang baik dengan fitur-fitur modern.

Honda CR-V memiliki performa yang baik dengan mesin bertenaga dan responsif. Tersedia dengan pilihan mesin bensin dan hybrid, CR-V menawarkan akselerasi yang lancar dan efisiensi bahan bakar yang baik. Sistem penggerak roda depan (FWD) atau penggerak roda empat (AWD) memberikan kontrol yang baik di berbagai kondisi jalan.

Honda CR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan terkini seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Kontrol stabilitas kendaraan (VSA).
  • SRS Airbags, dan kamera belakang.

Fitur-fitur keselamatan tambahan termasuk Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), dan Adaptive Cruise Control (ACC).

3. Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport adalah SUV yang tangguh dengan kemampuan off-road yang handal. Menawarkan kenyamanan dalam berkendara, ruang kabin yang luas, dan fitur-fitur modern. Pajero menonjolkan keunggulannya dalam kemampuan off-road yang tangguh.

Mobil ini dilengkapi dengan sistem penggerak roda empat (4WD) Super Select II yang dapat diaktifkan secara selektif, sehingga memberikan kontrol yang baik di berbagai kondisi medan. Pajero Sport juga memiliki desain yang kokoh dan maskulin, dengan fitur-fitur seperti roof rail, lampu LED, dan pelek alloy yang menambah daya tariknya.

Pajero Sport menawarkan performa yang handal dengan mesin diesel yang bertenaga. Mesin tersebut memberikan akselerasi yang responsif dan torsi yang kuat untuk menghadapi tantangan off-road maupun perjalanan sehari-hari. Sistem suspensi yang baik dan kemampuan wading depth yang tinggi membuat Pajero Sport mampu menaklukkan medan yang sulit dengan percaya diri.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap, seperti:

  • Fitur pengereman anti-lock (ABS)
  • Kontrol stabilitas kendaraan (ASC)
  • Hill Start Assist (HSA)
  • SRS Airbags.

Pajero Sport juga dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti layar sentuh dengan sistem hiburan, navigasi, kamera belakang, serta konektivitas Bluetooth dan USB.

4. Mazda CX-5

Mazda CX-5 adalah SUV yang menarik dengan desain yang elegan dan dinamis. Menawarkan kualitas interior yang baik, handling yang responsif, dan performa yang baik. Mobil ini menonjolkan desain yang elegan dan dinamis, dengan gaya Kodo Soul of Motion yang khas.

Keunggulan lainnya termasuk kualitas interior yang tinggi dengan material yang berkualitas, tampilan instrumen yang intuitif, dan kursi yang nyaman. Fitur-fitur seperti layar sentuh, sistem audio premium, dan konektivitas smartphone juga hadir dalam Mazda CX-5.

Dari segi performa, Mazda CX-5 menawarkan performa yang baik dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang bertenaga. Mesin SkyActiv Mazda memberikan keseimbangan yang baik antara tenaga, responsifitas, dan efisiensi bahan bakar.

Mazda CX-5 memiliki fitur-fitur keselamatan tingkat tinggi, seperti:

  • Smart City Brake Support (SCBS).
  • Lane Departure Warning System (LDWS).
  • Blind Spot Monitoring (BSM).
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Sistem G-Vectoring Control (GVC) juga hadir untuk meningkatkan stabilitas dan kelincahan saat bermanuver.

5. Nissan X-Trail

X-Trail merupakan SUV keluarga yang nyaman dan serbaguna. Dilengkapi dengan fitur-fitur modern, ruang kabin yang luas, dan sistem penggerak roda yang dapat disesuaikan. Nissan X-Trail menawarkan keunggulan dalam hal kenyamanan dan serbaguna. Desainnya yang elegan dan aerodinamis memberikan penampilan yang menarik.

Keunggulan lainnya termasuk ruang kabin yang luas dengan kemampuan penyesuaian kursi yang fleksibel, fitur-fitur penyimpanan pintar, dan kualitas material yang baik. X-Trail juga memiliki fitur-fitur seperti kamera 360 derajat, sunroof, dan sistem audio premium BOSE.

Nissan X-Trail menawarkan performa yang baik dengan pilihan mesin bensin yang efisien. Mesin ini memberikan akselerasi yang halus dan responsif, serta efisiensi bahan bakar yang baik. Sistem penggerak roda depan (FWD) atau penggerak roda empat (AWD) memberikan kontrol yang baik di berbagai kondisi jalan, termasuk medan off-road.

Dari segi keamanaan, mobil ini memiliki fitur-fitur keselamatan yang canggih, seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Vehicle Dynamic Control (VDC).
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Airbag.

X-Trail juga dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti sistem infotainment dengan layar sentuh, navigasi GPS, dan konektivitas Bluetooth.

6. Hyundai Tucson

Tucson adalah SUV modern dengan desain yang menawan dan fitur-fitur canggih. Menawarkan kualitas interior yang baik, performa yang baik, dan efisiensi bahan bakar yang tinggi. Mobil ini juga menonjolkan desain yang menarik dengan gaya yang modern dan aerodinamis.

Keunggulan lainnya termasuk kualitas interior yang baik dengan material yang berkualitas dan desain yang ergonomis. Terdapat fitur-fitur pada Hyundai Tucson, seperti layar sentuh dengan sistem infotainment yang mudah digunakan, konektivitas smartphone, dan fitur-fitur penyimpanan yang praktis.

Hyundai Tucson menawarkan performa yang baik dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang bertenaga. Jadi, mesin tersebut dapat memberikan akselerasi yang responsif dan tenaga yang cukup untuk perjalanan sehari-hari.

Ada beberapa fitur-fitur keselamatan yang penting untuk melindungi pengemudi dan penumpang, seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Kontrol stabilitas kendaraan (ESC).
  • Airbag.
  • Blind Spot Detection (BSD).
  • Rear Cross-Traffic Alert (RCTA).

Tucson juga dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti kamera belakang, sistem navigasi, dan fitur-fitur konektivitas seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

7. Suzuki Vitara

Vitara adalah SUV kompak dengan gaya yang sporty dan penanganan yang lincah. Dilengkapi dengan fitur-fitur modern, efisiensi bahan bakar yang baik, dan kenyamanan yang baik dalam berkendara. Suzuki Vitara menonjolkan desain yang sporty dan kompak, dengan gaya yang unik dan berjiwa muda.

Keunggulan lainnya termasuk ukuran yang ideal untuk perkotaan dengan kemudahan parkir, kualitas interior yang baik dengan penggunaan material yang berkualitas, dan tampilan yang menarik.

Suzuki Vitara menawarkan performa yang baik dengan mesin yang responsif dan efisien dalam konsumsi bahan bakar. Mesin tersebut memberikan akselerasi yang cukup dan kelincahan yang baik untuk perjalanan sehari-hari.

Terdapat fitur-fitur keselamatan yang penting pada Suzuki Vitara, seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Kontrol stabilitas kendaraan (ESC).
  • Airbag.
  • Rearview Camera dan Hill Hold Control.

Vitara juga memiliki teknologi, seperti layar sentuh dengan sistem infotainment, navigasi GPS, dan konektivitas Bluetooth.

8. Ford Everest

Ford Everest adalah SUV tangguh dengan kemampuan off-road yang handal. Jadi mobil ini juga memiliki keunggulannya sebagai SUV tangguh dan nyaman dengan kemampuan off-road yang handal.

Mobil ini menawarkan performa yang kuat dengan mesin bertenaga yang memberikan akselerasi yang responsif dan kemampuan menaklukkan medan off-road yang handal.

Ford Everest memiliki fitur-fitur keselamatan yang penting untuk melindungi pengemudi dan penumpang, seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Kontrol stabilitas kendaraan (ESC).
  • Airbag.
  • Rearview Camera.
  • Blind Spot Information System (BLIS).
  • Cross Traffic Alert.

Everest juga dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti sistem infotainment dengan layar sentuh, navigasi GPS, dan konektivitas Bluetooth.

9. Kia Sportage

Sportage adalah SUV dengan desain yang menarik dan performa yang baik. Menawarkan ruang kabin yang luas, fitur-fitur canggih, dan kualitas interior yang baik. Ciri SUV ini adalah desain yang menarik dan sporty, dengan garis-garis yang tajam dan tampilan yang modern.

Keunggulan lainnya termasuk kualitas interior yang baik dengan penggunaan material yang berkualitas, ruang kabin yang luas, dan kursi yang nyaman. Fitur-fitur lainnya termasuk layar sentuh dengan sistem infotainment, konektivitas smartphone, dan fitur-fitur penyimpanan yang praktis.

SUV ini menawarkan performa yang baik dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang bertenaga. Mesin tersebut memberikan akselerasi yang lancar dan tenaga yang cukup untuk perjalanan sehari-hari.

Terdapat fitur-fitur keselamatan yang penting untuk melindungi pengemudi dan penumpang, seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Kontrol stabilitas kendaraan (ESC).
  • Airbag.
  • Rearview Camera.
  • Blind Spot Detection.
  • Lane Departure Warning System.

Sportage juga terdapat teknologi terkini, seperti sistem infotainment dengan layar sentuh, navigasi GPS, dan fitur-fitur konektivitas seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

10. Subaru Forester

Forester adalah SUV yang cocok untuk petualangan dengan kemampuan off-road yang handal. Terdapat sistem penggerak roda empat, kenyamanan tinggi, dan fitur-fitur keamanan yang baik. SUV satu ini juga memiliki keunggulan dalam kemampuan off-road yang handal dan kenyamanan berkendara yang baik.

Keunggulan lainnya termasuk desain yang fungsional dengan ruang kabin yang luas dan fitur-fitur penyimpanan yang praktis. Forester juga memiliki fitur-fitur seperti layar sentuh dengan sistem infotainment, konektivitas smartphone, dan fitur-fitur keselamatan yang lengkap.

Subaru Forester menawarkan performa yang baik dengan mesin boksster bertenaga dan sistem penggerak roda empat (AWD) yang ikonik. Jadi, mesin ini memberikan akselerasi yang responsif dan tenaga yang cukup untuk melewati medan yang sulit.

Ada fitur-fitur keselamatan tingkat tinggi, seperti:

  • Sistem pengereman anti-lock (ABS).
  • Kontrol stabilitas kendaraan (VDC).
  • Airbag.
  • Rearview Camera.
  • Blind Spot Detection.
  • Lane Keep Assist.

Forester juga memiliki teknologi terkini, seperti layar sentuh dengan sistem infotainment, navigasi GPS, dan fitur-fitur konektivitas seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

Setiap mobil SUV ini memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda, jadi penting untuk melakukan penelitian lanjutan dan melakukan tes drive untuk memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan.