Sirquit – Suara berdecit seperti ada tikus pada pintu mobil bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, dan hal ini juga bisa jadi karena adanya gesekan atau keausan pada komponen pintu.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kotoran atau debu yang terjebak di sekitar engsel atau karet pintu, keausan pada bagian-bagian tertentu, atau kurangnya pelumas.

Selain itu, suhu dan kelembaban yang berubah juga bisa memengaruhi kekencangan pintu dan menyebabkan gesekan yang menghasilkan suara berdecit.

Ada beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ada 4 cara untuk menghilangkan bunyi berdecit pada pintu mobil.

Daftar isi

1. Bersihkan dan Lumasi Engsel Pintu

Buka pintu selebar mungkin dan semprotkan cairan pembersih khusus engsel ke celah engsel. Gunakan sikat gigi atau kain lap untuk membersihkan kotoran.

Setelah selesai, gunakan pelumas khusus engsel, seperti oli putih, WD-40, atau silikon spray. Oleskan pelumas secukupnya dan buka tutup pintu berulang kali agar merata.

2. Lumasi Karet Pintu

Lap karet pintu dengan kain bersih untuk menghilangkan kotoran. Kemudian gunakan pelumas karet khusus, seperti silikon spray atau petroleum jelly. Oleskan tipis-tipis dan merata, lalu lap kelebihannya.

3. Periksa dan Kencangkan Baut Engsel

Lihat apakah ada baut engsel yang longgar. Jika memang longgar, kencangkan menggunakan kunci pas atau obeng untuk mengencangkan baut yang longgar, dan pastikan tidak berlebihan.

4. Ganti Karet Pintu (Jika Diperlukan)

Jika karet pintu sudah aus atau rusak, kamu bisa membeli karet pintu baru di toko onderdil mobil atau bengkel. Pastikan sesuai dengan jenis dan model mobil.

Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin, minimal 6 bulan sekali, untuk mencegah bunyi berdecit muncul kembali. Gunakan pelumas berkualitas baik dan sesuai dengan jenis komponen yang akan dilumasi.

Hindari pelumas yang mengandung minyak goreng atau bahan lain yang dapat merusak komponen pintu. Jika tidak yakin, bawalah mobil kamu ke bengkel untuk diperbaiki.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Ban Depan Mobil yang Miring

Itulah beberapa tips menghilangkan suara pintu mobil yang berdecit. Meskipun hal ini terdengar sepele, akan tetapi jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah yang lainnya. Semoga bermanfaat.