Sirquit – Bagi sebagian pengguna komputer, pastinya kalian tidak semua tahu kan, bagaimana cara screenshot di komputer atau PC? Ada beberapa trik yang bisa kalian gunakan untuk melakukan screenshot di komputer.

Cara screenshot ini ternyata juga sangat berguna untuk pengguna PC, jadi kalian bisa mengambil gambar di layar komputer tanpa harus ribet.

Ada banyak cara dan kombinasi yang mungkin tidak semua kalian tahu tentang bagaimana screenshot di komputer.

Nah, jadi pada pembahasan kali ini, kita akan memberitahu beberapa trik mudah untuk melakukan screenshot di komputer.

Cara Mengambil Tangkapan Layar di Komputer atau PC

Ilustrasi Cara Mengambil Tangkapan Layar di Komputer atau PC

Ilustrasi Cara Mengambil Tangkapan Layar di Komputer atau PC (Sumber: Canva)

Ada 5 cara untuk melakukan tangkapan layar di komputer yang wajib kalian ketahui, terutama jika pekerjaan kalian sehari-hari di depan komputer.

1. Tombol Print Screen

Dengan menggunakan trik ini, kalian bisa tangkap seluruh bagian layar hanya dengan satu kali klik.

Caranya cukup tekan tombol Print Screen yang biasanya ada di pojok kanan atas keyboard.

Hasil screenshot akan langsung tersimpan di clipboard, dan kalian tinggal paste saja di aplikasi Paint dengan menekan Ctrl+V.

Setelah gambar tampil di layar, kalian bisa menyimpannya dengan klik ikon disket di pojok kiri atas. Gampang, kan?

2. Tombol Alt + Print Screen

Panduan ini bisa kalian terapkan untuk mengambil tangkapan layar dari jendela yang sedang kalian fokuskan.

Caranya cukup tekan tombol Alt + Print Screen secara bersamaan. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang sama untuk menyalin gambar dari clipboard ke Microsoft Paint seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Perlu diingat, di beberapa komputer, kalian mungkin perlu menekan tombol Alt + Fn + Print Screen. Jadi, pastikan untuk mencobanya jika tombol biasa tidak berfungsi.

3. Tombol Windows + Print Screen

Inilah metode yang paling praktis dan cepat untuk mengambil screenshot di komputer. Kelebihannya, kalian tak perlu repot meng-copy gambar ke Microsoft Paint.

Tapi ingat, cara ini hanya berlaku di Windows 10. Caranya cukup mudah, tekan tombol dengan logo Windows (berada di antara tombol Alt dan Ctrl) dan tombol Print Screen secara bersamaan hingga layar berkedip.

Setelah itu, hasil screenshot bisa ditemukan di direktori C:Users[nama user]PicturesScreenshots. Praktis, bukan?

Baca Juga: Tips dan Cara Mengetahui HP Disadap Orang lain

4. Tombol Windows + Shift + S

Dengan menekan kombinasi tombol ini, tampilan layar komputer kalian akan berubah menjadi abu-abu, dan kursor akan berubah menjadi ikon plus.

Kalian bisa pilih area tertentu di layar dengan cara klik dan geser. Hasil screenshot dari area yang kalian pilih akan otomatis disalin ke clipboard.

Untuk melihat dan menyimpan hasilnya, cukup salin gambar tersebut ke aplikasi Microsoft Paint, mirip dengan cara pada metode pertama dan kedua. Gampang, kan?

5. Snipping Tool

Snipping Tool sudah lama menjadi bagian dari Windows, diperkenalkan pertama kali di Windows Vista.

Aplikasi ini memberikan fleksibilitas dalam mengambil screenshot dengan berbagai format seperti area bebas, persegi panjang, jendela aktif, atau layar penuh.

Untuk menggunakan Snipping Tool, buka aplikasinya, dan saat jendelanya muncul, pilih opsi “New”. Jika ingin memilih bentuk spesifik, klik tanda panah di sisi kirinya. Selanjutnya, tentukan area layar yang ingin diambil screenshot-nya.

Setelah itu, preview screenshot akan ditampilkan, dan kalian bisa menyimpannya dengan mengeklik ikon disket di sisi kiri atas. Praktis, bukan?