Sirquit – Ponsel iPhone buatan Apple dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk melacak perangkatnya jika hilang.

Saat ponsel hilang, khawatirnya si penemu dapat mematikan fungsi iPhone. Tetapi, fitur pelacakan yang tersedia pada Apple masih bisa Anda manfaatkan untuk menentukan lokasi terakhir perangkat yang hilang.

Apabila ponsel tidak dalam keadaan mati, iPhone akan terus memberikan informasi lokasi terkininya, bahkan ketika perangkat dalam keadaan offline.

Salah satu cara untuk melacak iPhone yang hilang adalah dengan memanfaatkan Apple Watch. Penting untuk dicatat bahwa metode ini memiliki keterbatasan, terutama terkait jarak yang sangat dekat.

Gunakan Fitur iCloud

Jika iPhone Anda hilang, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi laman iCloud.com/find.

Ketika sudah masuk ke laman tersebut, biasanya Anda akan diminta kode verifikasi yang akan dikirim ke perangkat Anda. Jika memang satu-satunya perangkat Anda hilang, pilihlah tombol Find My Device.

Perlu Anda ingat ya, saat menggunakan laman iCloud, mungkin Anda tidak dapat menemukan lokasi perangkat jika perangkat tersebut mati, baterai habis, dan juga sudah lebih dari 24 jam sejak lokasi terakhir yang perangkat kirimkan.

Tapi jangan khawatir, fitur ini juga dapat Anda gunakan untuk menandai iPhone Anda sebagai perangkat yang hilang, dan menghapus data-data iPhone dari jarak yang jauh.

Akses Fitur Find My

Langkah berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengunduh aplikasi Find My di perangkat lainnya.

Setelah Anda unduh, buka aplikasi tersebut dan Anda dapat temukan bagian daftar perangkat. Kemudian, pilihlah perangkat yang ingin Anda lacak.

Namun, ketika aplikasi ini tidak bisa menampilkan lokasi karena perangkat dimatikan, tetapi aplikasi Find My akan menampilkan lokasi terakhir yang diketahui oleh jaringan Find My.

Perlu Anda ketahui, jika hilangnya iPhone sudah lebih dari seminggu, maka aplikasi ini tidak bisa menampilkan lokasi, lalu ada akan notif “Tidak ditemukan lokasi.”

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat dari Jaringan 5G

Menggunakan Family Sharing

Terakhir menggunakan Family Sharing, dengan fitur ini Anda dapat membagikan lokasi dengan anggota grup Family Sharing. Tujuannya adalah untuk melacak perangkat iPhone yang hilang.

Pada grup ini, admin akan membagikan lokasi dengan anggota grup, dan lokasi akan secara otomatis dibagikan kepada tiap anggota dalam keluarga.

Saat Anda membagikan lokasi dengan keluarga, mereka juga dapat melihat lokasi Anda di aplikasi Find My yang mereka miliki.

Jadi, dengan menggunakan fitur ini, perangkat siapapun yang ada di grup keluarga bisa Anda lacak ketika hilang.