Sirquit – Berbicara tentang mobil, pastinya kita ingin menjaga penampilannya agar tetap mulus, bukan? Salah satu musuh terbesar yang bisa merusak penampilan itu adalah keroposnya body mobil.

Penyebab keroposnya body mobil bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca ekstrem, paparan bahan kimia, atau korosi akibat air hujan.

Dampaknya? Selain merusak penampilan, juga bisa berpengaruh pada performa dan keamanan kendaraan.

Nah, jadi pada pembahasan kali ini, kita akan membahas seputar cara mencegah keropos body mobil keropos agar tetap terlihat kinclong dan awet. Yuk, simak tips-tipsnya!

5 Tips Mencegah Keropos Pada Body Mobil

Ilustrasi Tips Mencegah Keropos Pada Body Mobil

Ilustrasi Tips Mencegah Keropos Pada Body Mobil (Sumber: Canva)

Keropos body mobil biasanya karena ada karat yang bikin jengkel. Jadi agar kejadian tersebut tidak terjadi, kita harus rajin menjaga dan merawat mobil.

Tujuannya agar komponen-komponen mobil tetap mulus dan terhindar dari karat, kita harus melakukan beberapa langkah perawatan.

Bagaimana caranya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rajin Cuci Mobil

Sering-seringlah membersihkan atau mencuci mobil menggunakan air bersih, agar tidak ada peluang bagi keropos untuk muncul.

Ingat, jangan mencuci mobil dengan air sembarangan ya, misalnya air hujan atau air laut. Justru kedua air tersebut adalah faktor utama penyebab mobil cepat keropos.

2. Gunakan Waxing

Selain mencuci, kalian juga bisa melakukan perawatan menggunakan Waxing mobil.

Waxing ini berfungsi untuk melapisi permukaan body mobil dengan membentuk lapisan tipis, yang berfungsi untuk melindungi cat mobil.

3. Gunakan Penutup Mobil

Untuk menjaga kebersihan dan juga menghindari karopos pada mobil, kalian bisa gunakan penutup atau selimut khusus mobil untuk menutupinya saat parkir.

Tidak perlu bingung, kalian bisa membeli penutup mobil di toko atau online shop dengan harga yang murah.

4. Gunakan Anti-korosi

Dengan menggunakan anti-korosi, kalian dapat mencegah body mobil cepat keropos, dan pastikan lapisan pelindungnya tetap prima.

Jadi cat anti-korosi ini tuh seperti perisai super pada mobil kalian agar tahan banting di segala kondisi.

5. Lakukan Pemeriksaan Komponen Mobil

Cobalah untuk rajin melakukan pengecekan mobil secara berkala. Jadi, bukan hanya kondisi oli dan mesin, serta apakah mobil sudah bersih atau belum.

Penting untuk memperhatikan komponen-komponen mobil lainnya yang dapat memicu karat.

Karena jika ada satu titik karat pada mobil dan tidak segera diatasi, maka karat tersebut dapat menyebar ke komponen lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Hatchback Terbaik dengan Harga Terjangkau

Jadi itulah 5 cara jitu untuk mencegah keropos pada body mobil. Selalu rawat dan sayangi apa yang kalian miliki, lakukan pencegahan awal untuk menghindari masalah yang lebih serius.