Sirquit – Di zaman yang serba modern ini, hadirlah motor listrik untuk menggantikan motor konvensional saat ini. Tujuannya adalah untuk mengurangi populasi udara yang diakibatkan dari motor konvensional.

Meskipun zaman sudah modern, tetapi ketika hujan deras yang berangsur lama, kita tidak bisa menghindari yang namanya banjir. Lalu, jika motor listrik terendam banjir bagaimana penanganan yang tepat?

Nah, kondisi seperti itu pastinya banyak menjadi perbincangan di kalangan pengendara motor listrik. Jadi, untuk mencegah terjadinya kerusakan motor listrik akibat banjir, ada baiknya kamu memahami lebih dalam tentang motor listrik.

Jangan khawatir, berikut ini kita akan membantu kamu tentang bagaimana cara menanggulangi motor listrik yang terendam banjir. Jangan kemana-mana ya! Simak pembahasannya di bawah ini!

Dampak Banjir Pada Motor Listrik

Ternyata bukan hanya berdampak buruk bagi motor konvensional, banjir juga bisa memberikan dampak serius pada kinerja motor listrik. Meskipun motor listrik umumnya memiliki tingkat perlindungan terhadap air, tetapi tetap saja kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan lebih parah.

Air yang masuk ke dalam bagian-bagian kritis motor listrik, seperti kumparan dan komponen elektronik, dapat menyebabkan korosi dan mengganggu fungsi normalnya.

Hal ini dapat mengurangi kinerja motor dan yang lebih buruk adalah merusak komponen secara permanen. Selain itu, air yang berlebihan juga dapat menyebabkan korsleting listrik, kemungkinan dapat berujung pada kerusakan yang lebih parah atau bahkan kebakaran.

Jadi, setelah terkena air, motor listrik perlu dikeringkan dan diperiksa oleh teknisi yang bersangkutan. Dengan pemeliharaan yang cepat dan tepat, maka dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan motor tetap beroperasi secara optimal.

Cara Mengatasi Motor Listrik Setelah Terendam Banjir

Ilustrasi Cara Mengatasi Motor Listrik Setelah Terendam Banjir

Ilustrasi Cara Mengatasi Motor Listrik Setelah Terendam Banjir (Sumber: canva.com)

Banjir memang menyebalkan, apalagi jika motor kesayangan sampe terendam. Nah, kalau motor listrikmu mengalami hal ini, jangan panik dulu. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:

1. Amankan Motor

Segera evakuasi motor ke tempat yang aman dan kering. Jangan coba-coba menyalakan motor saat masih terendam air.

Selanjutnya. matikan sakelar utama motor. Tindakan ini untuk mencegah adanya korsleting dan kerusakan komponen elektronik.

Kemudian lepaskan baterai (jika memungkinkan). Baterai merupakan komponen vital pada motor listrik, dan air bisa membuatnya korsleting.

2. Periksa Kerusakan

Cek ketinggian air yang merendam motor. Semakin tinggi air yang masuk, maka semakin besar kemungkinan kerusakannya.

Cobalah untuk memeriksa kondisi fisik motor secara menyeluruh. Lihat apakah ada kerusakan pada bodi, kabel, atau komponen lainnya.

Setelah itu putar roda motor. Jika roda terasa macet, kemungkinan ada kerusakan pada motor atau bearing.

3. Lakukan Perawatan

Hal yang paling mendasar yaitu lap motor dengan kain hingga kering. Kemudian pastikan semua bagian motor kering, termasuk bagian dalam bodi dan baterai.

Setelah body motor agak kering, bersihkan motor dengan air sabun. Hal ini untuk membersihkan lumpur dan kotoran yang menempel pada motor. Kemudian semprotkan bagian motor dengan cairan anti-karat. Ini untuk mencegah karat pada komponen motor.

Jika sudah selesai, cek kembali kondisi baterai. Pastikan baterai tidak kemasukan air dan masih berfungsi dengan baik.

Terakhir, bawa motor ke bengkel (opsional) jika kamu merasa tidak yakin dengan cara mengatasi kerusakan motor, dan bawalah ke bengkel yang terpercaya.

Baca Juga: Penyebab Kiprok Motor Cepat Panas

Tips tambahan

  • Hindari menyalakan motor sebelum dipastikan kering dan aman.
  • Jangan gunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan motor.
  • Segera hubungi dealer atau bengkel resmi jika motor masih dalam masa garansi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membantu meminimalisir kerusakan pada motor listrik yang terendam banjir.

Jika memang sudah terlanjur terjadi kerusakan pada motor, segera bawa ke bengkel terpercaya, dan konsultasikan masalah yang kamu alami dengan mekanik. Semoga bermanfaat, terima kasih!