Sirquit – Sebagai pemilik motor, tentu kita pengen body motor tetap mulus tanpa lecet, apalagi kalau motor itu baru. Banyak juga yang bertanya, bagaimana cara menghilangkan baret halus di body motor?

Walaupun sebenernya kondisi body motor yang lecet ini tidak akan mempengaruhi performa mesin motor. Tapi, tentu saja hal ini bisa membuat motor kita jadi kurang oke dilihat.

Banyak penyebabnya, mulai dari ketabrak sama motor lain, gesekan waktu parkir, sampai tergores sama barang-barang kecil kayak kunci motor atau gantungan kunci.

Nah, kalau ini terjadi sama motor kesayangan kita, jangan panik. Di sini kita akan membahas cara simpel untuk menghilangkan baret halus di body motor, tanpa harus ke bengkel. Yuk simak penjelasannya!

6 Tips Mengatasi Baret Halus Pada Motor

Ilustrasi Tips Mengatasi Baret Halus Pada Motor

Ilustrasi Tips Mengatasi Baret Halus Pada Motor (Sumber: Canva)

Baret di motor tuh versinya beragam, ada yang ringan banget, bisa hilang cuma dengan dicuci atau dilap pakai kain lembut.

Tapi ada juga yang lebih keras kepala, butuh bantuan cairan khusus. Jadi, pada konteks ini, kita akan bantu kalian untuk mencari solusi mengatasi baret di body motor. Simpel banget kok!

1. Cuci dan Bersihkan Body Motor

Langkah awal sebelum kita mau menghilangkan baret atau lecet di body motor adalah dengan memcucinya.

Setelah motor bersih, jangan lupa, keringin body motornya pakai kain lap yang lembut.

Nah ini penting, jadi kita bisa mengetahui dengan jelas di mana aja yang baretan di body motor kita. Jadi, lebih siap buat tindakan selanjutnya.

2. Menggunakan Compound

Nah, langkah berikutnya, kita bisa pakai compound untuk menghilangkan goresan di body motor.

Compound itu kayak bahan ajaib yang bisa bantu kita menghilangkan baret. Pemakaiannya juga simpel kok, kalian tinggal aplikasiin compound ke bagian yang udah kita bersihin tadi, trus gosok-gosok pake lap halus biar bersih.

Jadi, pakai compound ini bisa bantu kita nge-blur goresan yang tadi bikin risih. Simpel kan?

3. Menggunakan Pasta Gigi (Odol)

Jadi bukan hanya untuk menyikat gigi, ternyata pasta gigi juga bisa jadi kunci rahasia untuk menghilangin baret yang tidak terlalu parah di body motor.

Langkah selanjutnya, siapkan kain yang udah basah, kemudian oleskan pasta gigi ke kain yang basah itu. Setelah itu, tinggal kita gosok-gosokan ke bagian motor yang baret dengan gerakan melingkar.

Baca Juga: Solusi Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin

4. Menggunakan Cairan

Nah, setelah itu, kita bisa melanjutkan dengan cairan poles untuk merapihkan warna di body motor yang tadi sudah kita kasih compound. Aplikasikan cairan poles ini dengan merata supaya motor kita kinclong.

Jadi, intinya, cairan poles ini akan membantu untuk menghilangkan warna kusam di motor kita.

5. Menggunakan Scratch Remover

Bagi yang belum tahu apa itu Scratch Remover, bahan ini tuh berguna untuk menghilangkan goresan di body motor yang tidak terlalu parah.

Pemakaiannya juga mudah, kalian tinggal oleskan cairan ini ke bagian motor yang tergores, terus gosok menggunakan kain microfiber. Supaya hasilnya maksimal, gosok secara berulang.

6. Menggunakan Minyak Rem

Nah, yang terakhir, kita bisa menggunakan minyak rem. Cara ini sangat mudah untuk diterapkan, kalian tinggal tetesin sedikit minyak rem ke bagian body motor yang baret.

Kemudian, gunakan kain halus untuk membersihkannya. Nih, yang penting, ulangin langkah ini beberapa kali agar hasilnya maksimal.

Jadi, dengan menggunakan minyak rem, ini bisa jadi solusi simpel untuk menghilangkan baret di motor. Gak ribet, kan? Yuk, dicoba!

Baca Juga: Tips Mudah Mengatasi Suara CVT Kasar pada Motor Matic

Itulah beberapa cara mudah untuk menghilangkan baret atau lecet halus yang ada di body motor kita. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot harus ke bengkal dan mengeluarkan biaya berlebih.