Sirquit – Saat sedang mengendarai mobil dan melewati banjir atau genangan air yang tinggi, terkadang membuat knalpot mobil masuk air, sebenarnya hal ini tentunya sangat berbahaya untuk mesin.

Mungkin beberapa orang beranggapan ini adalah hal sepele ya? Karena ketika mobil digas, air bisa keluar dengan sendirinya dari knalpot, dan ternyata cara itu salah!

Ternyata, masuknya air ke dalam knalpot dapat membawa konsekuensi serius terhadap mesin. Selain dapat merusak sistem pembakaran, air yang masuk juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya.

Nah, dalam pembahasan kali ini, kita akan merangkum beberapa tindakan apa yang harus dilakukan saat knalpot mobil masuk air. Mari simak!

8 Tips Mengatasi Knalpot Mobil yang Masuk Air

Ilustrasi Tips Mengatasi Knalpot Mobil yang Masuk Air

Ilustrasi Tips Mengatasi Knalpot Mobil yang Masuk Air (Sumber: Canva)

Jika knalpot Anda sudah terlanjur masuk air, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Jangan Menyalakan Mesin

Hindari menyalakan mesin mobil jika Anda yakin knalpot telah terendam air. Hal ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pembakaran.

2. Periksa Air dalam Knalpot

Lepaskan knalpot dan periksa apakah terdapat air di dalamnya. Jika ada, keringkan dengan membongkar knalpot atau dengan menggunakan alat yang dapat menyerap air.

3. Periksa Sistem Pembakaran

Setelah mengeringkan knalpot, periksa sistem pembakaran mobil. Pastikan tidak ada kerusakan serius pada komponen-komponen seperti busi dan sistem pembakaran lainnya.

4. Gunakan Kompressor Udara

Jika mungkin, gunakan kompressor udara untuk membersihkan saluran knalpot dari sisa air. Pastikan knalpot benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

5. Periksa Sistem Pengapian

Pastikan sistem pengapian mobil berfungsi dengan baik. Air yang masuk ke dalam knalpot dapat mempengaruhi kinerja sistem ini.

6. Bersihkan Filter Udara

Air yang masuk ke dalam knalpot dapat juga mempengaruhi filter udara. Periksa dan bersihkan filter udara jika perlu.

7. Cek Oli Mesin

Periksa level oli mesin untuk memastikan tidak terdapat tanda-tanda pencampuran dengan air. Jika ada, segera ganti oli mesin.

8. Konsultasikan dengan Ahlinya

Jika Anda merasa kurang yakin, segera konsultasikan dengan mekanik atau bengkel otomotif terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa jika knalpot masuk air akibat banjir atau situasi serupa, pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk memastikan tidak ada kerusakan yang tidak terlihat pada komponen-komponen lainnya.

Baca Juga: Penyebab dan Dampak Indikator Aki yang Tiba-tiba Menyala Pada Mobil

Itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi knalpot mobil yang sudah terlanjur masuk air. Semoga bermanfaat, terima kasih!