Sirquit – Semakin berkembangnya teknologi pada dunia otomotif, kali ini ada fitur canggih yang terdapat pada mobil modern, yaitu Adaptive Cruise Control (ACC).

Fitur ini adalah salah satu fitur keselamatan canggih yang menggunakan radar atau sensor laser. Tujuannya yaitu untuk memindai jalan di depan kendaraan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Tidak hanya untuk menjaga laju dari mobil yang kalian kemudikan, ACC juga dapat menurunkan kecepatan mobil saat mendeteksi kendaraan yang jaraknya dekat.

Sangat membantu bukan? Jadi dengan fitur ini, kalian dapat berkendara dengan nyaman, serta mengurangi risiko kecelakaan.

Apa itu Adaptive Cruise Control?

Adaptive Cruise Control (ACC) merupakan sebuah fitur canggih dalam kendaraan yang dirancang untuk mengoptimalkan laju kendaraan dengan menggabungkan teknologi cruise control tradisional dengan kemampuan sensor dan kontrol yang lebih pintar.

Misalnya saja ketika kalian berkendara dengan kecepatan 60km/jam, maka fitur ini dapat mempertahankan kecepatan tersebut tanpa harus menginjak pedal lagi. Bukan hanya itu saja ACC juga dapat mendeteksi posisi kendaraan di depan kalian.

Nah, dengan begitu jarak kendaraan yang kalian kemudikan dengan mobil yang ada di depan kalian akan terjaga. Jadi, kalain dapat mengemudi dengan aman dan nyaman.

Meskipun sistem Adaptive Cruise Control ini terbilang canggih, jangan sampai kalian lengah dan memalingkan pandangan kalian ke arah lain ya, tetap fokus saat berkendara dan patuhi protokol yang ada.

Cara Kerja Adaptive Cruise Control

Cara Kerja Adaptive Cruise Control

Sumber: canva.com

Dengan dukungan teknologi laser yang terdapat pada Adaptive Cruise Control, pengendalian dan pengereman kendaraan kalian akan terkontrol dengan baik. Jadi, kalian tidak perlu khawatir ketika ada mobil di depan, karena sistem ini akan mendeteksi dan menjaga jarak dengan aman.

Cara kerja laser ini yaitu, ketika jarak antara mobil kalian dan mobil yang ada di depan dan laser sudah mendeteksi, maka kecepatan kendaraan kalian akan dioptimalkan sampai batas aman.

Dan ketika jarak antara mobil kalian dan mobil di depan sudah aman, maka teknologi laser ini akan mulai menambah kecepatan lagi saat jarak sudah cukup aman, praktis bukan?

Penting untuk kalian ingat, bahwa teknologi ACC dapat berbeda antara produsen dan model kendaraan. Beberapa sistem ACC mungkin lebih canggih.

Artikel Terkait: Apa itu Electronic Brakeforce Distribution?

Fungsi Adaptive Cruise Control

Hadirnya fitur canggih ini pada mobil sangat membantu dalam berkendara, contohnya saja dapat mengurangi risiko kecelakaan dan juga mengurangi kelelahan dan stres saat berkendara jarak jauh.

Berikut adalah beberapa fungsi Adaptive Cruise Control (ACC):

1. Meningkatkan keamanan berkendara

ACC menggunakan radar atau sensor laser untuk mendeteksi kendaraan yang ada di depan kalian.

Jika jarak antara kendaraan kalian dan kendaraan di depan terlalu dekat, ACC akan secara otomatis mengurangi kecepatan kendaraan kalian.

Sebaliknya, jika jaraknya terlalu jauh, ACC akan secara otomatis meningkatkan kecepatan kendaraan.

2. Meningkatkan keyamanan saat berkendara jauh

ACC dapat membantu mengurangi kelelahan dan stres saat berkendara jarak jauh dengan cara menjaga kecepatan kendaraan kalian secara otomatis.

3. Membantu mengurangi risiko kecelakaan

ACC dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dengan cara menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Hal ini dapat membantu mencegah tabrakan dari belakang.

4. Membantu menghemat bahan bakar

ACC dapat membantu menghemat bahan bakar dengan cara menjaga kecepatan kendaraan kalian secara konstan.

Hal ini dapat mengurangi jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan kalian.

Adaptive Cruise Control adalah fitur keselamatan yang sangat berguna yang dapat membantu membuat perjalanan kalian lebih aman dan nyaman.

Itulah pengertian dari sistem Adaptive Cruise Control, sebagai fitur canggih yang dapat mengurangi risiko kecelakaan dan membuat berkendara jadi lebih nyaman.

Jika kendaraan kalian dilengkapi dengan ACC, pastikan untuk membaca manual pemilik kalian untuk mengetahui cara mengaktifkan dan menggunakan fitur ini dengan benar.