SirquitBongkar pasang ban mobil mungkin memang terdengar tidak terlalu penting, tetapi pada beberapa kondisi kalian juga harus tahu cara bongkar pasang ban mobil, terutama ketika mobil kalian mogok di perjalanan.

Pergantian ban mobil ini memang tidak terlalu sering terjadi, tetapi ada kalanya ketika ban mobil kita bocor di jalan dan jauh dari bengkel, mau tidak mau harus kita sendiri yang menanganinya.

Jika kalian tidak tahu caranya, pasti kondisi tersebut membuat kalian jadi badmood. Nah, itulah mengapa kalian perlu tahu cara-cara mengganti ban mobil yang sudah tidak layak pakai tersebut.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk bongkar pasang ban mobil yang baik dan benar? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

7 Cara Bongkar Pasang Ban Mobil yang Tepat

Ilustrasi 7 Cara Bongkar Pasang Ban Mobil yang Tepat

Ilustrasi 7 Cara Bongkar Pasang Ban Mobil yang Tepat (Sumber: Canva)

Berikut ada beberapa langkah-langkah sederhana yang bisa kalian lakukan sendiri untuk melakukan pergantian ban yang bocor di perjalanan.

1. Tepikan Mobil dan Berikan Tanda Peringatan

Sebelum memulai bongkar pasang ban mobil, pastikan untuk menepikan mobil ke lokasi yang aman dan datar, menjauh dari lalu lintas.

Matikan mesin, aktifkan rem tangan, dan berikan tanda peringatan seperti segitiga pengaman atau lampu hazard.

Tindakan ini tidak hanya memberikan keamanan pada proses bongkar pasang, tetapi juga memberi peringatan kepada pengendara lain di sekitar bahwa mobil sedang dalam keadaan tidak dapat digunakan sementara.

Dengan langkah ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan selama proses tersebut.

2. Persiapkan Alat dan Perlengkapan

Pastikan kalian membawa dan mempersiapkan alat dan perlengkapan sebelum memulai bongkar pasang ban.

Kemudian, pastikan juga semua peralatan dalam kondisi baik dan siap digunakan. Karena peralatan yang kurang baik kondisinya, dapat menyebabkan masalah lainnya.

3. Lepaskan Baut yang Menempel

Jika terdapat penutup baut pada ban mobil, lepaskan menggunakan obeng yang sudah kalian siapkan. Setelah itu, siapkan dan gunakan kunci roda untuk memutar baut ban tersebut.

Nah, agar proses dapat berjalan lebih cepat, kalian bisa mengendurkan baut ban yang bersebrangan. Tetapi, pada kondisi ini, jangan sampai baut ban terlepas, kalian cukup mengendurkannya saja.

4. Gunakan Dongkrak

Selanjutnya, kalian harus memastikan dongkrak terpasang dengan benar. Pertama-tama, letakkan dan pasang dongkrak di dekat ban mobil yang akan kalian ganti.

Selanjutnya, pastikan dongkrak terpasang pada pijakan yang kuat. Nah, kalian perlu tahu nih, tips terbaik memasang dongkrak ada pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda.

Setelah kalian sudah merasa dongkrak di posisi yang benar, pastikan posisi dongkrak tegak lurus, dan tidak boleh sampai miring. Terakhir waktunya eksekusi, angkatlah ban yang ingin kalian ganti menggunakan dongkrak hingga ban terangkat.

5. Buka Baut Ban yang akan Diganti

Ketika mobil sudah terangkat dengan dongkrak, bukalah baut ban secara keseluruhan sampai terlepas. Agar tidak hilang, simpan baut yang telah dilepas.

Setelah sudah terlepas, tarik ban yang akan kalian ganti hingga keluar dari rumah roda. Selanjutnya, letakkan ban dengan posisi tidur agar tidak menggelinding.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil yang Benar

6. Pasang Ban yang Baru

Masukkan ban mobil yang baru secara perlahan, kemudian sedikit digoyangkan. Jika ban sudah terpasang di posisi yang benar, masukkan baut dengan cara berseberangan seperti saat mengendurkan baut sebelumnya.

Setelah terpasang, jangan langsung mengencangkannya, tunggu hingga semua baut terpasang dengan pas.

7. Menurunkan Dongkrak dan Mengencangkan Baut

Ini adalah tahap penyelesaian, turunkan dongkrak secara perlahan sampai ban benar-benar menyentuh tanah. Selanjutnya, lepaskan dongkrak dan kencangkan baut satu per satu yang sudah terpasang.

Langkah berikutnya, untuk mencoba apakah ban sudah benar-benar terpasang, kalian bisa menendang ban tersebut. Jika sudah terpasang dengan benar, ban tidak akan bergeser ketika ditendang.

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk bongkar pasang ban mobil yang bocor ketika di perjalanan. Jika jauh dari bengkel, dan mobil kalian mengalami ban bocor, tentu saja sangat merepotkan bukan?

Baca Juga: Cara Menghemat BBM Paling Efektif

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, terima kasih!