Sirquit – Sebagai pengendara mobil, sebaiknya kamu harus paham tentang bagaimana cara melindungi bodi mobil agar tetap terlihat kondusif, terutama pada cuaca ekstrem musim panas.

Karena, cuaca panas ini bisa menyebabkan bodi mobil mengalami kerusakan, terutama pada bagian luarnya. Biasanya pemilik mobil tidak terlalu peduli dengan adanya debu yang menempel. Padahal debu ini bisa menjadi menumpul apabila tidak dibersihkan, dan bisa menyebabkan rusaknya bodi mobil apabila dibersihkan secara asal-asalan.

Jadi, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat bodi mobil dari cuaca panas yang ekstrem dengan benar. Berikut pembahasannya.

8 Cara Merawat Bodi Mobil saat Musim Panas

Ilustrasi 8 Cara Merawat Bodi Mobil saat Musim Panas

Ilustrasi 8 Cara Merawat Bodi Mobil saat Musim Panas (Sumber gambar: canva.com)

Melindungi bodi mobil selama musim panas penting untuk menjaga penampilannya dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh panas dan sinar matahari.

Berikut ada beberapa tips untuk melindungi bodi mobil saat musim panas.

1. Cuci Mobil Secara Berkala

Membersihkan mobil secara teratur dapat menghilangkan kotoran, debu, dan residu lainnya yang dapat merusak cat. Pastikan untuk menggunakan sabun mobil yang lembut dan lap mikrofiber agar tidak menyebabkan goresan.

2. Lakukan Polish dan Waxing

Melakukan polish dan waxing secara berkala akan membantu melindungi lapisan cat mobil dari sinar UV dan panas yang dapat menyebabkan penuaan dan perubahan warna.

3. Gunakan Penutup Mobil

Jika memungkinkan, gunakan penutup mobil ketika tidak digunakan untuk melindungi bodi dari paparan langsung sinar matahari. Penutup mobil juga dapat membantu mencegah kerusakan akibat debu, kotoran, dan hujan.

4. Parkir di Tempat yang Tertutup

Jika memungkinkan, parkirkan mobil di tempat yang teduh atau tertutup seperti garasi untuk mengurangi paparan langsung terhadap sinar matahari.

5. Gunakan Pelindung UV

Gunakan produk pelindung UV khusus untuk bodi mobil yang akan membantu melindungi cat dari efek buruk sinar UV.

6. Perhatikan Wiper

Pastikan wiper mobil dalam kondisi baik dan bersih untuk menghindari goresan saat digunakan pada kaca depan yang mungkin terdapat debu atau pasir.

7. Jaga Tekanan Ban

Pastikan tekanan ban mobil sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan ban yang tepat akan membantu mencegah keausan yang lebih cepat akibat panas aspal.

8. Hindari Jalanan yang Panas

Hindari perjalanan di jalanan yang sedang direnovasi atau terkena panas langsung dari aspal. Ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada bodi mobil.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Suara Pintu Mobil yang Berdecit

Nah, jadi dengan memperhatikan tips ini, kamu bisa menjaga bodi mobil tetap terlindungi dan terawat selama musim panas. Semoga tips di atas bisa bermanfaat buat kamu ya!