Sirquit – Bagaimana cara mengatasi kebiasaan menggunakan gadget saat berkendara?

Sepertinya bukan masalah umum lagi jika banyak orang yang terbiasa menggunakan HP saat berkendara. Padahal perilaku ini sangat berbahaya dan mengancam keselamatan si pengadara dan pengguna jalan lainnya.

Kebiasaan menggunakan gadget saat berkendara adalah salah satu faktor kelalaian pengendara yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Tapi jangan khawatir, dalam pembahasan kali ini kita akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam mengurangi kebiasaan menggunakan gagdet saat berkendara.

5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menggunakan HP Saat Berkendara

5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menggunakan HP Saat Berkendara

Sumber: canva.com

Dengan mengurangi atau menghilangkan kebiasaan menggunakan HP saat berkendara, bukan hanya meningkatkan keselamatan saat berkendara, kalian juga menjadi bagian pengendara yang disiplin dan juga menghindari pelanggaran lalu lintas.

Apa saja tipsnya? Berikut daftarnya!

1. Matikan Gadget Saat Berkendara

Dengan mematikan HP saat berkendara, ini membuat kalian fokus dalam berkendara dan menghindari panggilan masuk.

Jika ada pesan atau panggilan masuk, usahakan membalasnya saat kalian tiba di lokasi tujuan.

Hal ini penting karena membantu menghilangkan sumber distraksi potensial saat berkendara, seperti pesan teks, notifikasi, atau panggilan telepon yang dapat mengganggu perhatian pengemudi.

Matikan gadget sebelum berkendara adalah langkah awal yang efektif untuk meningkatkan fokus dan keselamatan di jalan raya.

2. Gunakan Hands-Free atau Earphone

Menggunakan Hands-Free atau Earphone adalah salah satu langkah penting dalam mengatasi kebiasaan menggunakan gadget saat berkendara.

Dalam tindakan ini, sebaiknya kalian menggunakan perangkat hands-free yang memungkinkan mereka tetap terhubung tanpa harus menyentuh atau memegang gadget saat berkendara.

Dengan menggunakan sistem Hands-Free atau Earphone dapat membantu meningkatkan keselamatan dan mematuhi peraturan lalu lintas saat mengemudi.

3. Gunakan Mode Berkendara Pada HP

Menggunakan Mode Berkendara adalah salah satu tips yang sangat berguna dalam mengatasi kebiasaan menggunakan gadget saat berkendara.

Dalam tindakan ini, pengemudi dihimbau untuk mengaktifkan “Mode Berkendara” pada gadget mereka, yang dirancang khusus untuk mengurangi gangguan selama perjalanan.

Pada banyak HP, “Mode Berkendara” atau “Do Not Disturb While Driving” adalah fitur yang dapat diaktifkan.

Ketika fitur ini aktif, gadget akan secara otomatis memblokir pesan teks, notifikasi, dan panggilan telepon yang tidak penting saat mobil dalam perjalanan.

Dengan begitu pengemudi hanya akan menerima pesan atau panggilan darurat atau prioritas yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal ini juga sesuai dengan aturan dan peraturan yang melarang penggunaan gadget yang mengganggu saat berkendara.

Artikel Terkait: Apa Itu Autonomous Emergency Braking (AEB)?

4. Letakkan Gadget di Tempat yang Tidak Mengganggu

Letakkan gadget pada tempat yang tidak mengganggu, dalam hal ini, pengemudi diingatkan untuk meletakkan gadget mereka di lokasi yang aman dan tidak mengganggu perhatian selama perjalanan.

Berikut adalah beberapa panduan dalam menjalankan langkah ini:

  • Gunakan holder atau penyangga: Ini dapat berupa holder dashboard atau holder ventilasi udara yang memungkinkan gadget tetap terlihat dan dapat diakses dengan mudah tanpa mengganggu pandangan kalian.
  • Jangan meletakkan di dasbor: Hindari meletakkan gadget di atas dasbor kendaraan, karena ini dapat memantulkan cahaya dan mengganggu visibilitas kalian.
  • Gunakan fitur mount: Beberapa mobil memiliki fitur khusus untuk meletakkan gadget seperti ponsel atau GPS. Pastikan untuk menggunakannya dengan benar agar gadget tetap aman dan tidak mengganggu kalian.
  • Atur sebelum perjalanan: Pastikan gadget kalian sudah diatur dengan baik sebelum memulai perjalanan. Jika kalian perlu menggunakan GPS atau aplikasi tertentu, aturlah sebelum mulai berkendara.

Langkah-langkah ini membantu mengurangi potensi kecelakaan, sehingga kalian dapat tetap fokus pada perjalanan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

5. Edukasi

Kebiasaan menggunakan gadget saat berkendara merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.

Menurut data dari Korlantas Polri, pada tahun 2022, ada sebanyak 10.802 kecelakaan lalu lintas karena penggunaan gadget saat berkendara.

Untuk mengatasi kebiasaan ini, perlu edukasi dan sosialisasi yang intensif kepada masyarakat.

Edukasi dan sosialisasi dapat kalian lakukan melalui berbagai media, seperti media massa, media sosial, dan kegiatan penyuluhan.

Harus ada edukasi secara berkelanjutan agar dapat mengubah perilaku masyarakat. Jadi, harus memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang bahaya penggunaan gadget saat berkendara.

Sosialisasi harus dilakukan dengan cara yang menarik dan informatif agar dapat menggugah kesadaran masyarakat.

Dampak Bahaya Menggunakan Gadget Saat Berkendara

Dampak Bahaya Menggunakan Gadget Saat Berkendara

Sumber: canva.com

Kebiasaan menggunakan gadget saat berkendara dapat menyebabkan berbagai dampak bahaya, antara lain:

  • Menurunkan konsentrasi pengemudi: Penggunaan gadget saat berkendara dapat mengalihkan perhatian pengemudi dari jalan dan kendaraan di sekitar.
  • Meningkatkan risiko kecelakaan lebih tinggi: Hal ini karena pengemudi tidak dapat fokus pada jalan dan kendaraan sekitar, sehingga lebih sulit untuk menghindari potensi bahaya.
  • Menyebabkan cedera serius atau kematian: Hal ini karena pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraan dengan baik dan dapat menabrak kendaraan lain atau benda di sekitar.

Selain itu, ada hukum yang berlaku juga untuk pengendara yang melanggar aturan menggunakan gadget saat berkendara. Salah satunya adalah pengemudi akan menerima hukuman denda atau penjara.

Bukankah sangat disayangkan jika karena masalah seperti ini saja kita bisa dihukum? Jadi, sebaiknya kurangi bahkan hilangkan kebiasaan kalian bermain gadget saat berkendara.

Semoga tips di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.